Senin, 09 Mei 2016

Khasiat dan manfaat buah anggur merah

Khasiat dan manfaat buah anggur merah

Khasiat dan manfaat buah anggur merah, Dalam sejarah buah anggur telah dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan oleh orang Mesir lebih kurang 6.000 tahun yang lalu. Orang eropa memanfaatkan getah anggur sebagai salep untuk pengobatan penyakit kulit dan penyakit mata. Selain itu manfaat daun anggur juga berguna untuk menghentikan pendarahan, mengurangi nyeri dan peradangan, untuk mengobati kanker, kolera, cacar dan sejumlah penyakit lainnya.

Kandungan resveratrol dalam buah anggur merupakan antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko pembekuan darah. Resveratrol juga membantu menghambat penyebaran kanker payudara, kanker perut dan kanker usus besar.

Khasiat dan manfaat buah anggur merah


Inilah beberapa manfaat buah anggur merah untuk kesehatan kita.

1. Manfaat buah anggur merah untuk Jantung


Sebuah penelitian mengungkapkan, resveratrol akan memperlebar pembuluh darah dan menjadikan aliran darah mengalir lebih mudah. Zat ini juga membuat dinding pembuluh darah lebih rileks, diameter lebih besar, sehingga menurunkan tekanan darah, dan memungkinkan peningkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel ke seluruh tubuh. Penelitian lain menyebutkan dengan mengonsumsi 10 mg resveratrol akan menurunkan risiko serangan penyakit jantung secara drastis.

Kandungan resveratrol dalam kulit anggur merah merupakan antioksidan yang mampu menurunkan oksidasi LDL. Oksidasi LDL adalah penyebab penumpukan plak yang sangat membahayakan pembuluh darah jantung .

Sementara itu biji anggur juga mengandung proanthocyandins  yaitu senyawa polyhenols yang dapat menurunkan kadar LDL dan melindungi jantung dari kerusakan akibat racun dan obat-obatan tertentu.

2. Buah anggur meningkatkan daya ingat otak


Sebuah penelitian di Inggris, menyebutkan siswa yang mengonsumsi resveratrol memperlihatkan peningkatan aliran darah ke otak hingga 200 persen. Resveratrol dipercaya oleh para ilmuwan dapat membantu meningkatkan respon mental kita.

Hasil penelitian lainnya membuktikan kemampuan resveratrol dalam melindungi otak. Mereka menyatakan bahwa resveratrol mampu membersihkan plak pada otak yang bersifat merusak dan membersihkan radikal bebas, serta mengurangi risiko terserang penyakit Alzheimer.
Sementara itu senyawa polifenol yang terkandung dalam buah anggur berperan sebagai antioksidan dan mencegah terjadinya peradangan (anti-inflamasi). Pada  tahun 2010 sebuah penelitian di Inggris menemukan fakta, mengonsumsi jus anggur secara berturut-turut  selama 12 minggu dapat memperbaiki fungsi kognitif atau daya ingat yang mulai menurun pada orang lanjut usia.

3. Menurunkan resiko penyebab Kanker


Kanker terjadi akibat perubahan dalam DNA sel-sel menjadi abnormal dan tumbuh menjadi ganas di luar kendali. Resveratrol, polifenol dan quercetin dalam anggur merupakan antioksidan ampuh yang melindungi sel-sel dari kerusakan DNA yang disebabkan radikal bebas, sehingga kandungan anggur dipercaya mampu menurunkan risiko dari penyakit kanker.

Berbagai penelitian, resveratrol menunjukkan hal positif dalam mengatasi sel kanker. Studi juga menyatakan bahwa resveratrol mampu melindungi kulit dari sinar ultra violet matahari, sehingga akan menurunkan resiko terserang kanker kulit.

Sedangkan Memorial Sloan-Kettering Cancer Center menyatakan resveratrol dan polifenol lain dalam anggur merah dapat mencegah kanker payudara, leukemia, kanker neuroblastoma dan kanker kulit. Dalam sebuah makalah FASEB Journal tahun 2010 juga menunjukkan polifenol dalam buah anggur mampu menghentikan pertumbuhan kultur dan membunuh sel kanker prostat.

4. Melindungi Tubuh dari Radiasi


Khasiat dan manfaat anggur merahResveratrol dalam buah anggur ampuh melindungi tubuh dari efek radiasi apabila ada tambahan pengobatan dengan radiasi kanker.

5. Mencegah diabetes atau gula darah


Sebuah penelitian oleh Albert Einstein College of Medicine, seseorang penderita prediabetes yang diberi resveratrol mengalami penurunan tingkat gula darah 10 persen.
Resveratrol dan polifenol lain dalam buah anggur dapat menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga akan mencegah diabetes. Dalam studi yang dipublikasikan British Journal of Nutrition tahun 2011, para peserta  dengan diabetes tipe 2 mengonsumsi resveratrol atau plasebo selama empat minggu, akan meningkatkan sensitivitas insulin dan indikator yang menunjukkan fungsi metabolisme meningkat selama masa penelitian.

6. Pemulihan Otot


Manfaat anggur merah selanjutbya untuk pemulihan otot, Resveratrol sebagai antioksidan ampuh, akan membantu sel dan organ lainnya dalam menurunkan asam urat dan membuang racun-racun dari tubuh serta membantu pemulihan otot.

7. Mengatasi Sembelit


Buah anggur memiliki sifat pencahar, karena asam organik, gula dan selulosa di dalamnya.  Mengonsumsi buah Anggur akan membantu usus dan perut dalam meringankan sembelit atau konstipasi.

8. Meringankan Endometriosis


Wanita penderita endometriosis seringkali mengalami rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh prostaglandin. Ekstrak biji anggur dapat menghentikan pelepasan prostaglandin, sehingga mengurangi rasa sakit dan inflamasi. Sebuah studi yang dilakukan di New York University Health Science Center menemukan bahwa menambahkan dua sendok makan minyak biji anggur dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi trigliserida.

9. Mengurangi Gejala Alergi


Biji anggur mampu mengurangi keparahan gejala alergi. Ekstrak herbal ini akan menghambat pelepasan histamin, yaitu senyawa yang bertanggung jawab terhadap reaksi alergi seperti demam atau bintik-bintik merah gatal.

11. Menurunkan Tekanan Darah


Sebuah penelitian untuk mengetahui hubungan antara jus anggur dan tekanan darah, para sukarelawan diberikan 5,5 ml jus anggur/kg bobot tubuhnya secara rutin. Setelah 8 minggu hasilnya memperlihatkan penurunan tekanan darah secara signifikan. Penurunan tersebut adalah sebesar 6,2 mm Hg untuk tekanan darah diastolik sementara untuk tekanan darah sistolik sebesar 7,2 mm Hg. Mengkonsumsi jus anggur juga tidak berdampak pada perubahan berat badan dan ukuran lingkar pinggang.

12. Mengatasi Asma


Karena nilai terapeutiknya, buah anggur dapat digunakan sebagai obat asma. Selain itu, kekuatan hydrating anggur juga tinggi, yang meningkatkan kadar air dalam paru-paru dan mengurangi kejadian asma.

13. Mengatasi Migrain


Buah anggur merupakan obat untuk penyembuhan migrain atau sakit kepala sebelah kanan atau sebelah kiri. Untuk pengobatan migrain, Jus anggur diminum waktu pagi hari, tanpa tambahan campuran air.

14. Mencegah Kelelahan


Buah anggur berwarna terang merupakan suplemen zat besi bagi tubuh sehingga bisa mencegah kelelahan. Namun, mengonsumsi anggur berwarna gelap, mungkin tidak memberikan tambahan zat besi, bahkan dapat menurunkan kadar zat besi. Mengonsumsi anggur juga memberikan tambahan energi instan. Antioksidan dalam anggur juga bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

15. Perawatan Kulit


Senyawa polifenol yang terkandung dalam anggur berfungsi sebagai sumber antioksidan tinggi membantu mencerahkan kulit dari dalam. Antioksidan ini berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit, sehingga sangat baik untuk menghindari penuaan dini.

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Anggur


Pilihlah anggur yang gemuk dan melekat erat pada tangkainya. Anggur putih atau hijau yang manis adalah yang memiliki warna semu kekuningan atau warna jerami, dengan semburat kuning. Varietas anggur merah yang baik mempunyai wama merah mendominasi pada semua atau sebagian besar buah. Tanda-tanda kesegaran buah bisa dilihat dari tangkai buah yang masih berwarna hijau dan lunak.

Semoga informasi Khasiat dan manfaat anggur merah untuk kesehatan dan kecantikan bisa membantu Anda.


Sumber : http://obatherbal-murah.com/khasiat-dan-manfaat-anggur-merah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar